Contoh Narrative Text Berbagai Tema Beserta Terjemahnya (Narrative Text Example), Pengertian Narrative text, Jenis-Jenis Narrative text, Generic Structure Narrative text dan Ciri-Ciri Narrative Text

.... ... ... ...
Contoh narrative text berbagai tema Beserta artinya - Anda semua pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis teks dalam bahasa inggris ini yaitu narrative text, karena jenis teks ini merupakan teks yang sebenarnya sangat sering kita dengar, baca, tonton dalam pertunjukan drama ataupun kita tonton dalam tayangan video sejak kita masih kanak - kanak. Cerita dari contoh text narrative (narrative text example) juga biasanya dipakai dalam lomba story telling bahasa inggris.

Pernah dengar cerita dongeng seperti cinderella, putri salju, pinokio, atau cerita legenda seperti sangkuriang, malin kundang, danau toba, candi prambanan ataupun cerita fable tentang hewan seperti si kancil dan buaya, si kancil dan siput ? Nah, cerita - cerita yang telah disebutkan tadi merupakan contoh narrative text (narrative text example). Akan tetapi, contoh narrative text story (cerita narative teks) bukan hanya yang disebutkan tadi, karena tentunya masih banyak contoh - contoh narrative text (contoh teks narasi) lainnya.


Baca juga : 6 Contoh Narrative Cinderella (download available)

Saat kita duduk di bangku SMP (sekolah menengah pertama atau junior high school) maupun saat SMA (sekolah menengah atas atau senior high school) kita juga tentunya mempelajari bahasa inggris dengan bahasan tentang narrative text (narrative teks). Biasanya guru memberi contoh narrative text singkat (short narrative text) dan kita diminta untuk menjawab soal narrative text dari isi cerita tersebut. Selain itu juga kadang - kadang kita diminta untuk mencari contoh narrative text lalu mengidentifikasi generic structure narrative text tersebut. Bahkan dalam bangku kuliahpun bisa juga kita bertemu mata kuliah bahasa inggris dengan bahasan tentang cerita narasi ini.

Dalam artikel kali ini, penulis akan membahas materi tentang narrative text, mulai dari what is narrative text (narrative text definition atau pengertian narative text), tujuan narrative text (the purpose of narrative text), jenis - jenis narrative text, generic structure of narrative text (struktur teks narative), ciri - ciri narrative text serta example of narrative text (contoh teks narrative).


Pengertian narrative text (Definisi Narrative Text)
What is narrative text ? narrative text is a story to entertain the reader or the listener. Dalam bahasa indonesia bisa dikatakan bahwa definisi narrative text adalah sebuah cerita untuk menghibur pembaca atau pendengar. 
Dari penjelasan pengertian narrative text diatas juga bisa diketahui bahwa the purpose of narrative text is to entertain people atau dalam bahasa indonesianya tujuan narrative teks adalah untuk menghibur orang.

Jenis-jenis Narrative Text (tipe - tipe narrative text)
Berdasarkan cerita - cerita narrative text yang ada, cerita - cerita narrative text tersebut bisa digolongkan menjadi beberapa jenis narrative text atau tipe narrative text yaitu :
  • romances 
  • ballads (balada, cerita yang membuat pembaca terharu, contohnya bisa berupa kisah cinta yang tak sampai) 
  • mysteries
  • Fairy stories (Cerita yang bersifat fantastik, banyak terjadi keajaiban) 
  • science fiction 
  • historical narratives
  • fable (Bercerita mengenai binatang yang digambarkan berprilaku layaknya manusia) 
  • horror stories 
  • personal experience (pengalaman pribadi yang ditulis)
  • legends 
Generic strucuture Narrative text (struktur teks narasi)
Berikut ini adalah penjelasan tentang generic structure narrative text (struktur teks narasi) :

a. Orientation
Orientation narrative text merupakan pengenalan yang biasanya berisi : 
cerita narrative text tersebut menceritakan apa (what is the story about), siapa karakter dalam cerita narrative text tersebut (who is the participant), dimana cerita narrative text tersebut berlangsung (where is the place) dan kapan cerita narrative text itu terjadi.

b. Complication
Complication narrative text berisi konflik atau permasalahan yang terjadi dalam story narrative text tersebut. Bagian complication ini bisa dibilang merupakan inti atau pokok dari cerita narrative teks itu sendiri. Konflik dalam teks narrative ini bisa dibedakan menjadi : 
  • Psychological Conflict
Psychological Conflict narrative text adalah Permasalahan yang terjadi karena pemain dalam cerita itu sedang berhadapan dengan dirinya sendiri. Biasanya terjadi Pertentangan antara nilai baik dan buruk dalam diri pelaku cerita, contohnya antara menghalalkan cara jahat untuk mencapai tujuan atau menggunakan kejujuran untuk mencapai tujuan.
  • Natural Conflict
Natural Conflict narrative text adalah permasalahan yang terjadi karena pelaku cerita sedang berhadapan dengan kekuatan alam.
Physical Conflict
Physical Conflict narrative text adalah permasalahan yang terjadi karena adanya kontak fisik atau bisa dikatakan segala permasalahan segala yang berhubungan dengan fisik.
  • Social Conflict
Social Conflict narrative text adalah permasalahan yang terjadi karena pelaku - pelaku dalam cerita itu saling itu saling berhadapan. Mereka bertemu pada waktu yang sama dengan berbeda kepentingan.

c. Resolution
Resolution narrative text Yaitu penyelesaian atau solusi dari konflik atau permasalahan yang terjadi pada suatu cerita narrative text (narrative text story). Penyelesaian ini bisa saja happy ending atau sad ending.

Akan tetapi Pada beberapa referensi materi mengenai Narrative Text, ada tambahan generic structure pada Narrative Text, yaitu adanya Coda setelah Resolution. Jadi susunan Narrative text adalah Orientiation, Complication,Resolution serta Coda.

Coda pada narrative text adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text atau narrative story yang isinya merupakan perubahan yang terjadi pada si pelaku cerita serta pelajaran moral apa yang bisa diambil dari cerita narasi tersebut.

Ciri - ciri Narrative text
Pada suatu cerita narasi biasanya terdapat beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat dari kebahasaan (language features narrative text) yang digunakan . Ciri ciri narrative text tersebut dilihat dari sisi kebahasaannya diantaranya : 
  • Narrative text Menggunakan Action Verb yang berbentuk Past Tense. contohnya : climbed, swam, ran, walked, drank, brought dan lain sebagainya.
  • Menggunakan Nouns sebagai kata ganti manusia, hewan maupun benda pada sebuah cerita narrative text. Contohnya : The King, The Princess, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Contohnya : two crocodiles, long black hair, dan lain sebagainya..
  • Menggunakan Time Connective dan Conjunctions untuk menghubungkan beberapa kejadian. contohnya : then, And, soon, before , after, afterwards dan lain sebagainya.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan tempat berlangsungnya suatu peristiwa atau kejadian contohnya: there, here, in the jungle, happily ever after, dan lain sebagainya.

Narrative text example (Contoh Narrative text) beserta generic structure dan artinya
Mempelajari bab narrative text tentunya tidak lengkap jika tanpa mengetahui contoh narrative text itu seperti apa. Oleh karena itu, penulis telah menyiapkan kumpulan  contoh teks narasi berbagai tema, mulai dari contoh narrative text fable, contoh narrative text fairy tale (contoh narrative text dongeng), contoh narrative text legend. Dengan contoh narrative text pendek ini diharapkan dapat membantu anda untuk memahami bab narrative text atau memudahkan anda dalam mengerjakan tugas narrative text, berikut ini adalah contoh narrative text beserta artinya dan generic structurenya :

1. Contoh Narrative text Fable beserta arti dan generic structurenya
Contoh narrative text fable (contoh narrative text tentang hewan) beserta generic streucturenya dan artinya kali ini ini adalah narrative text fable "The mouse deer and The crocodiles" atau  cerita si kancil dan buaya dalam bahasa inggris.


The mouse deer and The crocodiles

A long time ago, there was a smart mouse deer. He lived in the forest near a big river. 
One day, the smart mouse deer feel very thirsty. He went to the big river to drink there. But when the mouse deer arrived at the big river, he surprised because there were some crocodiles lived in the river. He knew if the crocodiles waited to eat him 

The mouse deer tried to think as hard as he could and after some minutes, he got a brilliant idea and He said . “I want to put in my leg to check whether the water is cold or not” But as a smart animal, the mouse deer did not do that. He took a wood stick and threw it into the river. Byurrrrrr…! 
Surely the crocodiles fighting over the wood stick. Saw it, the mouse deer ran directly to the other side of the river to drink and after drank he laughed and said “you are stupid crocodiles” 

On the next day, the mouse deer felt very hungry and he remember that there was a cucumber farm, but to go to the cucumber farm the mouse deer had to cross the river which was full of crocodiles. 

The mouse deer got a smart idea, he went to the big river and waited untill the crocodiles come nearer to the mouse deer. A crocodile said “We feel hungry, Do you come to be our breakfast?”. The mouse deer replied “No problem if you wanted to eat me as your breakfast, but not today, because i come here to give you a food festival invitation from the queen. You are invited to the food festival tonight and you can eat all of the foods there. The queen asked me to count all crocodiles here. So, now you have to line up from here to the other side of this river” 
After the crocodiles lined up, the mouse deer jumped directly on the crocodile’s back “one,” the mouse deer started to count, He jumped onto the next crocodile “two.” And he jumped again on the next crocodile, “3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 .................” he still jumped until he arrived on the other side of the river. After arrived to the other side of the river, he laughed and said again “You are stupid crocodiles”. The mouse deer ran to the cucumber farm and ate the cucumbers there until he did not feel hungry again. 


Arti contoh narrative text fable si kancil dan buaya di atas : 


si kancil dan buaya

Pada masa lampau, ada kancil yang cerdas. Dia tinggal di hutan yang dekat dengan sungai yang besar. 
Suatu hari, kancil pintar tersebut merasa sangat haus. Ia pergi ke sungai besar untuk minum di sana. Tapi ketika kancil tiba di sungai besar, dia terkejut karena ada beberapa buaya yang tinggal di sungai. Dia tahu jika para buaya itu menunggu untuk memakan dia 

Kancil mencoba untuk berpikir keras sekeras yang dia bisa dan setelah beberapa menit, ia mendapat ide cemerlang dan Dia berkata. “Saya ingin memasukkan kaki saya ke dalam untuk memeriksa apakah air ini dingin atau tidak” Tapi sebagai hewan cerdas, kancil tidak melakukan itu. Dia mengambil tongkat kayu dan melemparkannya ke sungai. Byurrrrrr ...! 

Tentunya para buaya saling berebut tongkat kayu tersebut. Melihat itu, kancil langsung berlari ke sisi lain sungai untuk minum dan setelah minum dia tertawa dan berkata “kalian buaya bodoh” 


Pada hari berikutnya, kancil merasa sangat lapar dan ia ingat bahwa ada sebuah perkebunan mentimun, tapi untuk pergi ke perkebunan mentimun kancil harus menyeberangi sungai yang penuh dengan buaya. 
Kancil mendapat ide yang cerdas, ia pergi ke sungai besar dan menunggu sampai buaya datang mendekat ke kancil. Seekor buaya berkata, “Kami merasa lapar, Apakah Anda datang untuk menjadi sarapan kami?”. Kancil menjawab “Tidak masalah jika kalian ingin memakan saya sebagai sarapan kalian, tapi tidak hari ini, karena saya datang ke sini untuk memberikan undangan festival makanan dari ratu. Kalian diundang ke festival makanan malam ini dan kalian bisa makan semua makanan di sana. Ratu meminta saya untuk menghitung semua buaya di sini. Jadi, sekarang Anda harus berbaris dari sini ke sisi lain dari sungai ini” 

Setelah buaya berbaris, kancil langsung melompat pada punggung buaya “Satu,” kancil memulai menghitung, Dia melompat ke buaya selanjutnya “dua.” Dan dia melompat lagi pada buaya berikutnya, “3, 4, 5, 6, 7, 8 , 9 .............” Ia terus melompat sampai ia datang di sisi lain sungai. Setelah datang di sisi lain sungai, dia tertawa dan berkata lagi “Kalian buaya bodoh”. Kancil berlari ke perkebunan mentimun dan memakan mentimun di sana sampai ia tidak merasa lapar lagi.



Catatan : Untuk lebih banyak contoh narrative text fable bisa dibaca disini (16 Contoh)


Generic Structure Narrative Text fable (Struktur teks fabel) tentang Si Kancil dan Buaya


  • Orientation: Informasi tentang apa, siapa, kapan dan dimana cerita tersebut
A long time ago, there was a smart mouse deer. He lived in the forest near a big river

  • Complication: permasalahan yang terjadi pada cerita fabel tersebut
On the next day, the mouse deer felt very hungry and he remember that there was a cucumber farm, but to go to the cucumber farm the mouse deer had to cross the river which was full of crocodiles

  • Resolution: penyelesaian masalah dari cerita tersebut 
the mouse deer jumped directly on the crocodile’s back.

2. Contoh Narrative text fairy tale (dongeng) beserta arti dan generic structurenya
Contoh narrative text dongeng atau contoh narrative text kali ini adalah contoh narrative text snow white (Narrative text putri salju) beserta arti dan generic structurenya.

Snow White

A long time ago, there lived a girl, her name was Snow White. She lived with her uncle and aunt because her parents have passed away.

One day, snow white heard a bad news. The bad news was her uncle and her aunt were going to go abroad. They would not bring snow white and would leave snow white in the castle because they didn’t have enough money.

Snow White didn’t agree with this plan. So she decided to flee from the castle. The next day, she fled when her uncle and her aunt were having breakfast, she went to the forest.

When snow white arrived in the forest. she felt very hungry and tired also. Then she saw a small house. She came to the small house and knocked the door but no one respond. So she entered to the small house and felt asleep in that house

In the afternoon, seven dwarfs came at their house from work. When they entered their house, Snow White wake up and saw them. The dwarfs said; “Who are you?”. Snow White answered; “I am Snow White”. After that, she told them all that happened to her. One of the dwarfs said; “If you want, you can live here with us”. . Then Snow white and the seven dwarfs lived happily forever.


Arti contoh narrative text Snow white di atas :

Putri Salju

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang Perempuan. nama dia adalah Putri Salju. Dia tinggal bersama paman dan bibinya karena kedua orang tuanya telah meninggal

Suatu hari, putri salju mendengar sebuah kabar buruk. Kabar buruknya yaitu paman dan bibinya akan pergi ke luar negeri. Mereka tidak akan membawa putri salju dan akan meninggalkan putri salju di istananya karena mereka tidak memiliki uang yang cukup

Putri Salju tidak setuju dengan rencana ini. Jadi dia memutuskan untuk melarikan diri dari istananya. Esok harinya, dia melarikan diri saat paman dan bibinya sedang makan pagi, Putri Salju pergi ke hutan.

Saat putri salju tiba di hutan, dia merasa sangat lapar serta lelah juga. Kemudian dia melihat sebuah rumahk kecil. Dia mendatangi rumah kecil itu dan mengetuk pintunya tetapi tidak seorang pun meresponnya. Jadi dia masuk ke dalam rumah kecil itu dan tertidur di rumah tersebut

Pada sore harinya, tujuh kurcaci tiba di rumah mereka dari bekerja. Ketika mereka memasuki rumah mereka, putri salju terbangun dan melihat mereka. Kurcaci berkata; "Siapakah anda?". Putri Salju menjawab; “Saya Putri Salju”. Setelah itu, dia menceritakan kepada mereka semua yang terjadi padanya. Salah satu kurcaci berkata; “Jika Anda mau, Anda bisa tinggal di sini bersama kami”. Kemudian putri Salju dan tujuh kurcaci hidup bahagia selamanya.


Generic Structure Narrative text Fairy tale atau dongeng putri salju 
  • Orientation; introducing specific participants; Snow White 
  • Complication; revealing a series of crisis: Snow White’s uncle and aunt were going to go abroad, They would not bring snow white and would leave snow white in the castle because they didn’t have enough money. Snow White fled, Snow White felt tired and hungry in the forest 
  • Resolution; the crisis is resolve: the dwarfs permitted Snow White lived in their small house and they lived happily forever
Baca juga : contoh narrative text cinderella

3. Contoh narrative text legend 
Contoh narrative text legend atau contoh narrative text legenda beserta generic strucuture dan artinya kali ini adalah contoh narrative text Sangkuriang beserta arti dan generic structurenya. contoh narrative text sangkuriang biasa disebut juga contoh narrative text legenda tangkuban perahu.


Sangkuriang (The Legend Of Tangkuban Perahu Mountain)

A long time ago, Lived a little family in a kingdom. They lived happily. That kingdom was located in Priangan Land. The member of that family were a father in form of dog which was called Tumang, a mother (her name was dayang Sumbi), and a boy (his name was sangkuriang).

One day, Dayang Sumbi Dayang Sumbi wanted to have deer’s heart . So she asked sangkuriang to went to the wood to hunt with Tumang, her lovely dog. But After hunting all day in the wood, they could not find any deer. Sangkuriang  was desperate. Sangkuriang did not want to disappoint Dayang Sumbi Then he got an idea to kill Tumang. But sangkuriang did not know that the dog (Tumang) was his father. Then he took tumang’s liver and gave it to Dayang Sumbi.

But Dayang Sumbi knew that it was Tumang’s liver not deer liver. She was very angry and she could not control her emotion. After that, dayang sumbi hit her son’s head. It made sangkuriang’s head got wounded and left a scar in his head. Sangkuriang decided to go away from his house.

Many years passed, Sangkuriang grew up as a strong young man. He had wandered to many places. One day, sangkuriang arrived at a village. That village was his own village. In the village, Sangkuriang met a beautiful woman. He felt in love with her. The woman was Dayang sumbi, her mother. But sangkuriang did not realize it. At the time Dayang Sumbi was given a miracle by God. She could become young forever. They fell in love so they decided to get marry. Dayang sumbi did not realize also that the man is her son, Sangkuriang.

One day, when Dayang Sumbi and Sangkuriang were discussing their wedding plans, The woman saw a scar on the man’s head. It matched to her son’s scar, Sangkuriang who had left her several years ago. After that, She knew that the man was his son.

That situation made them could not marry. Dayang sumbi told Sangkuriang that situation but he did not believe it. Sangkuriang still hoped to marry her. So Dayang Sumbi gave a very difficult request. She asked Sangkuriang to make a boat and a lake. Sangkuriang had to make them in one night! Dayang sumbi said she would use that for celebrating their wedding day.

Sangkuriang agreed Dayang sumbi’s request. Sangkuriang tried to make them. He helped by the spirits and genie. By midnight sangkuriang had finished build a lake and then he started to make a boat. The boat was almost complete when almost dawn. Dayang Sumbi was very worried when she knew Sangkuriang was almost finished her request and she thought Sangkuriang had to be stopped. 

Dayang Sumbi got an idea to made lights in the east, she lit up the eastern horizon with flashes of light. It made the cock crowed for a new day. Then the spirits and the genie thought that the day was already dawn. So they had to go. They left Sangkuriang there alone. Without their contribute he could not finish the boat. So he failed to finish dayang sumbi’s request and of course he could not marry with Dayang sumbi.

Sangkuriang kicked the boat because he was very angry and made the boat upside down.Then the boat turned out to be Mount Tangkuban Perahu because From a distant it looks like a boat upside down. Tangkuban Perahu means boat upside down.



Arti contoh narrative text Sangkuriang (Legenda Tangkuban perahu) di atas:

Sangkuriang (Legenda gunung Tangkuban perahu)

Pada masa lampau, hiduplah sebuah keluarga kecil di sebuah kerajaan. Mereka hidup dengan bahagia. Kerajaan itu terletak di Tanah Priangan. Anggota keluarga itu adalah seorang ayah berbentuk anjing yang dipanggil Tumang, seorang ibu (namanya adalah dayang Sumbi), dan seorang anak laki-laki (namanya adalah sangkuriang).

Pada Suatu hari, Dayang Sumbi Dayang Sumbi ingin memiliki hati rusa. Jadi dia meminta sangkuriang untuk pergi ke hutan untuk berburu dengan Tumang, anjingnya tercinta. Tapi setelah berburu seharian di hutan, mereka tidak bisa menemukan sebuah rusapun. Sangkuriang sangat putus asa. Sangkuriang tidak mau mengecewakan Dayang Sumbi. Kemudian ia mendapat ide untuk membunuh Tumang. Tapi sangkuriang tidak tahu bahwa anjingnya (Tumang) adalah ayahnya. Kemudian dia mengambil hati tumang dan memberikannya pada Dayang Sumbi.

Tapi Dayang Sumbi tahu bahwa itu adalah hati Tumang bukan hati rusa. Dia sangat marah dan dia tidak bisa mengendalikan emosinya. Setelah itu, dayang sumbi memukul kepala anaknya. Itu membuat kepala sangkuriang terluka dan meninggalkan bekas luka di kepalanya. Sangkuriang memutuskan untuk pergi dari rumahnya.

Bertahun-tahun berlalu, Sangkuriang tumbuh sebagai pemuda yang kuat. Dia telah mengembara ke banyak tempat. Suatu hari, sangkuriang tiba di sebuah desa. Desa itu adalah desanya sendiri. Di desa itu, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita cantik. Dia merasa jatuh cinta padanya. Wanita itu adalah Dayang sumbi, ibunya. Tapi sangkuriang tidak menyadarinya. Pada saat itu Dayang Sumbi diberi mukjizat oleh Tuhan. Dia bisa menjadi muda selamanya. Mereka jatuh cinta sehingga mereka memutuskan untuk menikah. Dayang sumbi juga tidak menyadari bahwa pria itu adalah anaknya, Sangkuriang.

Suatu hari, saat Dayang Sumbi dan Sangkuriang sedang mendiskusikan rencana pernikahan mereka, Wanita itu melihat bekas luka di kepala pria itu. Itu cocok dengan bekas luka anaknya, Sangkuriang yang telah meninggalkannya beberapa tahun yang lalu. Setelah itu, dia tahu bahwa pria itu adalah anaknya.

Situasi itu membuat mereka tidak bisa menikah. Dayang sumbi memberi tahu kepada Sangkuriang situasi itu tapi dia tidak mempercayainya. Sangkuriang masih berharap bisa menikahinya. Jadi Dayang Sumbi memberikan permintaan yang sangat sulit. Dia meminta Sangkuriang untuk membuat perahu dan danau. Sangkuriang harus membuatnya dalam satu malam! Dayang sumbi berkata bahwa dia akan menggunakannya untuk merayakan hari pernikahan mereka.

Sangkuriang menyetujui permintaan Dayang sumbi. Sangkuriang mencoba membuatnya. Dia dibantu oleh roh dan jin. Menjelang tengah malam sangkuriang telah selesai membuat danau dan kemudian dia mulai membuat kapal. Perahu itu hampir selesai saat hampir fajar. Dayang Sumbi sangat khawatir saat mengetahui bahwa Sangkuriang hampir menyelesaikan permintaannya dan dia pikir Sangkuriang harus dihentikan.

Dayang Sumbi mendapat ide untuk membuat cahaya di timur, dia menyalakan ufuk timur dengan kilatan cahaya. Itu membuat ayam berkokok untuk hari yang baru. Lalu roh dan jin mengira hari sudah pagi. Jadi mereka harus pergi. Mereka meninggalkan Sangkuriang sendirian. Tanpa kontribusi mereka, dia tidak bisa menyelesaikan kapal. Jadi dia gagal menyelesaikan permintaan dayang sumbi dan tentu saja dia tidak bisa menikah dengan Dayang sumbi.

Sangkuriang menendang kapal karena dia sangat marah dan membuat perahu terbalik. Kemudian perahu ternyata menjadi Gunung Tangkuban Perahu karena Dari jauh terlihat seperti perahu terbalik. Tangkuban Perahu berarti perahu terbalik.

Generic Structure Narrative text Sangkuriang (legenda Tangkuban Perahu)
Berikut ini adalah generic structure dari contoh narrative text legenda tangkuban perahu atau sangkuriang :

  • Orientation 
A long time ago, Lived a little family in a kingdom. The member of that family were a father in form of dog which was called Tumang, a mother (her name was dayang Sumbi), and a boy (his name was sangkuriang).

  • Complication 
One day, Dayang Sumbi Dayang Sumbi wanted to have deer’s heart . So she asked sangkuriang to went to the wood to hunt with Tumang, her lovely dog. But After hunting all day in the wood, they could not find any deer. Then he got an idea to kill Tumang. But sangkuriang did not know that the dog (Tumang) was his father. Then he took tumang’s liver and gave it to Dayang Sumbi.

But Dayang Sumbi knew that it was Tumang’s liver not deer liver. She was very angry and she could not control her emotion. After that, dayang sumbi hit her son’s head. It made sangkuriang’s head got wounded and left a scar in his head. Sangkuriang decided to go away from his house.

Many years passed, Sangkuriang grew up as a strong young man. He had wandered to many places. One day, sangkuriang arrived at a village. That village was his own village. In the village, Sangkuriang met a beautiful woman. He felt in love with her. The woman was Dayang sumbi, her mother. But sangkuriang did not realize it. At the time Dayang Sumbi was given a miracle by God. She could become young forever. They fell in love so they decided to get marry. Dayang sumbi did not realize also that the man is her son, Sangkuriang.

One day, when Dayang Sumbi and Sangkuriang were discussing their wedding plans, The woman saw a scar on the man’s head. It matched to her son’s scar, Sangkuriang who had left her several years ago. After that, She knew that the man was his son.

That situation made them could not marry. Dayang sumbi told Sangkuriang that situation but he did not believe it
  • Resolution 
Dayang Sumbi gave a very difficult request. She asked Sangkuriang to make a boat and a lake. Sangkuriang had to make them in one night! Dayang sumbi said she would use that for celebrating their wedding day.

Sangkuriang agreed Dayang sumbi’s request. Sangkuriang tried to make them. He helped by the spirits and genie. By midnight sangkuriang had finished build a lake and then he started to make a boat. The boat was almost complete when almost dawn. Dayang Sumbi was very worried when she knew Sangkuriang was almost finished her request and she thought Sangkuriang had to be stopped. 

Dayang Sumbi got an idea to made lights in the east, she lit up the eastern horizon with flashes of light. It made the cock crowed for a new day. Then the spirits and the genie thought that the day was already dawn. So they had to go. They left Sangkuriang there alone. Without their contribute he could not finish the boat. So he failed to finish dayang sumbi’s request and of course he could not marry with Dayang sumbi.


Sekian artikel dengan pembahasan mengenai narrative text mulai dari definisi narrative text, jenis-jenis narrative text, generic structure narrative text, ciri-ciri narrative text, tenses yang digunakan pada narrative text hingga kumpulan contoh narrative text beserta arti dan generic strucuturenya dengan berbagai tema. Semoga dapat membantu anda dalam mempelajari pelajaran bahasa inggris khususnya bab narrative text, Terima kasih. 


Tags :
  • Contoh narrative text beserta terjemahnya atau artinya
  • Contoh narrative text beserta generic structurenya
  • Narrative text example
  • contoh narrative text legenda
  • contoh narrative text fairytale
  • contoh narrative text fabel
  • generic structure narrative text
  • contoh narrative text berbagai tema
  • contoh narrative text sangkuriang (contoh narrative text tangkuban perahu)
  • contoh narrative text kancil dan buaya 
  • contoh narrative text singkat 
  • contoh Narrative text snow white (Contoh narrative text putri salju) 
  • story telling narrative text

0 Response to " Contoh Narrative Text Berbagai Tema Beserta Terjemahnya (Narrative Text Example), Pengertian Narrative text, Jenis-Jenis Narrative text, Generic Structure Narrative text dan Ciri-Ciri Narrative Text "

Posting Komentar