Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Beserta Terjemahnya (6 Variasi Contoh)

.... ... ... ...
Setiap kita berada atau memasuki lingkungan baru dan bertemu orang-orang yang baru atau belum kita kenal, hal yang biasa kita lakukan adalah melakukan perkenalan diri. Baik itu ketika baru masuk elementary school (sekolah dasar/SD), Junior high school (Sekolah menengah pertama/SMP), senior high school (sekolah menengah atas (SMA), perguruan tinggi atau kampus, tempat kerja baru, tempat kursus baru, lingkungan tetangga (neighbor) baru dan apabila bertemu orang-orang baru dalam momen lainnya. Perkenalan diri ini bisa dilakukan dengan perkenalan diri bahasa inggris atau bahasa lainnya sesuai dengan bahasa yang dipahami. 



Baca Juga : Penjelasan Lengkap Narrative Text dan Kumpulan Contoh Narrative Text Berbagai Tema beserta arti dan generic structurenya

Di sekolah pun, dalam belajar bahasa inggris guru biasanya memberi tugas membuat teks perkenalan dalam bahasa inggris, karena memang perkenalan bahasa inggris merupakan salah satu materi yang diajarkan di bangku sekolah. Biasanya pelajaran mengenai perkenalan diri dalam bahasa inggris ini ada di awal-awal semester. Setiap siswa membuat teks perkenalan diri dalam bahasa inggris lalu setiap siswa bergantian maju ke depan kelas untuk memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Selain Cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris tersebut, bisa juga dilakukan dengan cara memperkenalkan diri dengan bahasa inggris lainnya yaitu membuat percakapan perkenalan dalam bahasa inggris bekerjasama dengan siswa lainnya, baik itu 2 orang, 3 orang atau lebih lalu meminta untuk memperagakan percakapan bahasa inggris perkenalan tersebut di depan kelas. 


Baca juga : 16 Contoh narrative text hewan (download)

Isi dari perkenalan diri dalam bahasa inggris di depan kelas tersebut biasanya merupakan biodata dalam bahasa inggris secara singkat tentang diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, hobi atau bisa juga ditambahkan hal-hal singkat tentang keluarga. 
Nah, kali ini saya akan membahas tentang perkenalan dalam bahasa inggris meliputi cara perkenalan dalam bahasa inggris , contoh percakapan perkenalan bahasa inggris, contoh percakapan memperkenalkan teman dalam bahasa ingris, memperkenalkan teman dalam bahasa inggris , contoh perkenalan dalam bahasa inggris, memperkenalkan keluarga dalam bahasa inggris dan lain sebagainya. 


Perkenalan dalam bahasa inggris
Sumber gambar : http://belajarbahasainggrisonline.net/wp-content/uploads/2014/10/cara-memperkenalkan-diri-dalam-bahasa-inggris-dengan-baik.jpg

Tips melakukan Perkenalan (introduction) dengan Bahasa Inggris 

Berikut ini adalah tips cara perkenalan diri dalam bahasa inggris yang bisa membantu anda untuk memperkenalkan diri bahasa inggris : 

1. Sampaikan Salam Pembuka 
Awali dengan salam pembuka perkenalan bahasa inggris seperti : 
  • Hello… 
  • hello my friends… 
  • hello class…. 
  • how are you? 
  • Hi 
  • Hi every body… . 
  • How do you do? 
  • dan masih banyak lagi salam pembuka perkenalan lainnya. 
2. Meminta izin melakukan Perkenalan 
Kata-kata yang bisa digunakan untuk meminta izin perkenalan dalam bahasa inggris singkat diantaranya : 
  • Hi everybody Please allow me to introduce myself. 
  • Hello my friends. Let me introduce myself. 
  • Hello. . . . How do you do? Now, I would like to introduce myself 
  • dan lain lain 
3. Masuk ke inti pengenalan diri dalam bahasa inggris yaitu terangkan Biodata anda, biasanya meliputi Nama, tempat dan tanggal lahir, usia, hobi dan lain-lain. Contohnya :
My name is Pevita, I was born in Bandung ,I am 24 years old, My hobby is playing badminton. . . . . . . .. .
dan seterusnya. 

4. Lalu akhiri kalimat perkenalan dalam bahasa inggris dengan kalimat penutup. seperti : 
  • Good bye. 
  • Thank you. 
  • See you next time. 
  • It is a pleasure to meet you. 
  • See you. 
  • See you tomorrow. 
  • See you later 
  • Thanks. 
  • dan masih banyak lagi. 


contoh perkenalan bahasa inggris beserta artinya

Di bawah ini telah saya siapkan berbagai contoh perkenalan dalam bahasa inggris berbagai tema, seperti perkenalan diri, teman , keluarga, mahasiswa baru, di depan kelas. 

Contoh-contoh percakapan perkenalan bahasa inggris pun ada di bawah ini.

1. contoh perkenalan diri dengan bahasa inggris beserta terjemahannya
Berikut ini adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris beserta artinya :
Good afternoon my friends. Please Allow me to introduce myself. My name is Pahabol Arera but you can call me Rera. I was born in London, May 2nd 1990. So I am 27 years old now. I am new person here because I just have been living in this city. 

When the first time arrived in Yogyakarta, I feel very hot because the weather is very different with london, my hobby is playing badminton. I play badminton twice a week. So, if you have the same hobby with me, lets play badminton together 

About my little family, I have beautiful mother, her name is Raisa, my father’s name is Rustam and I have a brother, he is Senatria. I love them so much. I always feel comfortable when I with them. Okay I think my introduction is enough. Thanks for your attention 



Arti contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris diatas : 

Selamat siang kawan-kawanku, izinkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Pahabol Arera tetapi kalian bisa memanggil saya Rera. Aku lahir di London pada  2 Mei 1992. Jadi Usiaku 27 tahun saat ini. aku adalah orang baru disini, karena aku baru saja tinggal di kota ini. 

Ketika pertama kali datang di Yogyakarta, aku merasa sangat panas karena cuaca disini sangat berbeda dengan London. Hobiku adalah bermain bulutangkis. Saya bermain bulutangkis dua kali seminggu. Jadi, apabila kalian memiliki hobi yang sama denganku, mari bermain bulutangkis bersama. 

Tentang keluargaku, aku mempunyai ibu yang cantik, namanya adalah Raisa, nama ayahku adalah Rustam dan saya mempunyai seorang saudara laki-laki, dia adalah Senatria. Aku sangat menyayangi mereka. Saya selalu merasa nyaman setiap bersama mereka. Baiklah saya rasa perkenalanku cukup, terima kasih banyak atas perhatiannya.. 


2. contoh memperkenalkan diri dalam bahasa inggris di depan kelas beserta artinya . 

Berikut ini adalah perkenalan dalam bahasa inggris di depan kelas : 
Hi, good morning my new classmate. 

Thank you very much for this occasion. In this nice occasion, I am going to introduce myself. My name is Aurelia Aurita and my nick name is aurel. I live at on Malioboro street no.99 bandung.  I was born in Bandung, on May 5th, 1995 So, I am 22 years old. 

My hobby is travelling, I am a member of Bandung travelling community. I have visited 30 provinces In Indonesia and I believe Indonesia is a beautiful country according to my experience visited 30 provinces in Indonesia 

I think that’s all about myself. Thank you for the attention. Bye! 


Arti contoh memperkenalkan diri dalam bahasa inggris di depan kelas di atas : 

Hai, selamat pagi teman kelas baruku 

Terima kasih banyak untuk kesempatan kali ini. Pada kesempatan yang baik ini saya akan memperkenalkan diri saya. Namaku adalah aurelia Aurita. Aku tinggal di jalan malioboro no.99 Bandung. Aku lahir di bandung, 5 Mei 1995. Jadi, aku sekarang berusia 22 tahun 

Hobiku adalah jalan-jalan. Aku merupakan anggota dari Komunitas jalan-jalan Bandung. Aku sudah mengunjungi 30 provinsi di Indonesisa dan aku percaya adalah negara yang indah berdasarkan pengalaman saya mengunjungi 30 provinsi di Indonesia. 

Aku kira demikianlah tentang diriku. Terima kasih banyak atas perhatiannya. Bye! 



3. Contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris untuk mahasiswa baru beserta artinya :  
Berikut ini adalah cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris untuk mahasiswa di kehidupan kampus :
Good evening everybody! Let me introduce myself. My name is Keenan Serandika but you can call me keen or dika. I was born on 31st August 1990 and grown up in Bekasi. I’m studying as first year student in petroleum engineering at Trisakti University. Before I study in this college, I was a student in SMAN 1 Bekasi. I decided to choose this university because I know this campus is the best university in this country. I have a dream, in the future I can become minister of petroleum in this country. Because that I try to become a hard worker and honest person 

I live in a boarding house. My boarding house is at Rencang street no.99 Jakarta. If you know Galeria mall, my boarding house is across from it. About my family, my father is a badminton athlete. He is gold medalist olympic 2004. His name is Taufik Hidayat and my mother’s name is Larasati. She is a housewife. I have a sister. She is a student in SMA Al Azhar Bekasi. Her name is Gina Serena. 

I’m interested in so many things such as watching movies, playing football and reading novel but I have an unique hobby, it is collecting the stamps. I have about 3000 kinds of stamps. I always try to collect the stamps as much as I can. If you have stamps and want to give the stamps to me, I will accept them happily. 

I think my introduction is enough. Nice to meet you and I hope we can be a best friend. Thanks for your attention 



Arti contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris untuk mahasiswa di atas : 

Selamat siang semuanya! Perkenalkan diri saya. Nama saya adalah Keenan Serandika tetapi anda bisa memanggil saya Keen atau Dika. Saya lahir pada tanggal 31 Agustus 1990 dan dibesarkan di Bekasi. Saat ini Aku sedang belajar sebagai mahasiswa tahun pertama di teknik Perminyakan di Universitas Trisakti. Sebelum saya belajar di perguruan tinggi ini, saya dulu seorang murid di SMAN 1 Bekasi. Saya memutuskan untuk memilih universitas ini karena saya tahu universitas ini adalah universitas terbaik di negeri ini. Saya mempunyai mimpi, di masa depan saya bisa menjadi menteri perminyakan di negara ini. Oleh karena itu, saya mencoba menjadi pekerja keras dan orang yang jujur. 

Saya tinggal di rumah kos. Rumah kos saya terletak di jalan Rencang no.99 jakarta. Apabila anda tahu Galeria mall, rumah kos saya terletak di seberangnya. Tentang kelurgaku, ayahku adalah seorang atlet badminton, beliau adalah peraih medali emas olimpiade 2004. Namanya adalah Taufik hidayat dan nama ibu saya adalah Larasati. Beliau adalah seorang ibu rumah tangga. Saya mempunyai seorang saudara perempuan. Dia merupakan pelajar di SMA Al Azhar Bekasi. Namanya adalah Gina Serena 

Aku tertarik pada banyak hal seperti menonton film, bermain sepakbola dan membaca novel tetapi saya mempunyai sebuah hobi yang unik, yaitu mengumpulkan perangko. Saya mempunyai sekitar 3000 jenis perangko. Saya selalu mencoba mengumpulkan perangko sebanyak yang saya bisa. Apabila anda mempunyai perangko dan ingin memberikannya kepada saya, saya akan menerimanya dengan bahagia. 

saya pikir perkenalanku cukup. Senang bertemu kalian dan saya harap kita bisa menjadi teman terbaik. Terima kasih banyak atas perhatian anda. 



4. contoh percakapan perkenalan dalam bahasa inggris 
Berikut ini adalah percakapan perkenalan diri dalam bahasa inggris untuk 2 orang beserta artinya :

In a school canteen 

Aulia : Hi, I think I have not ever seen you before 

Okky : of course becuse I am new student here 

Aulia : oh, what is your name ? 

Okky : My name is Okky, and you? 

Aulia : My name is Aulia. 

Okky : Nice to meet you Aulia 

Aulia : nice to meet you too okky, where are you from? 

Okky : I am from Sorong, I move here because my parents divorced and I                decided to live with my grandmother in this city 

Aulia : I am sorry to hear that, I hope you can enjoy study in this school and           live in this city 

Okky : I hope so Aulia. Where do you live ? 

Aulia : I live at Wortel street no.99, and you? 

Okky : Is it far from here ? I live at Semeru street no.97. 

Aulia : No, it is not. It is about 500 metres from this school. You can visit my            house anytime. 

Okky : Oh thank you, how about visiting your house after the class? I have a            new DVD. The title is Ada apa Dengan Cinta 2. 

Aulia : why not ? my hobby is watching movies and I have not watched ada              apa dengan cinta 2. So, lets watch it after the class in my home. 

Okky : Okey. Aulia I am sorry I must go back to the class. See you 

Aulia : see you 


Arti percakapan perkenalan bahasa inggris diatas :

Di kantin sekolah 

Aulia : Hai, saya kira saya belum pernah melihat anda sebelumnya 

Okky : tentu, karena saya murid baru disini 

Aulia : oh, siapa nama kamu ? 

Okky : Nama saya adalah okky, kamu ? 

Aulia : Nama saya Aulia 

Okky : Senang bertemu denganmu Aulia 

Aulia : Saya juga senang bertemu denganmu okky. Dari mana kamu berasal ? 

Okky : Saya dari Sorong, saya pindah kesini karena orang tua saya bercerai          dan saya memutuskaan untuk tinggal bersama nenek saya di kota ini. 

Aulia : Saya turut sedih mendegarnya, saya harap kamu bisa menikmati                 belajar di sekolah ini dan tinggal di kota ini 

Okky : saya harap begitu Aulia. Dimanakah kamu tinggal ? 

Aulia : Saya tinggal di jalan wortel no.99 dan kamu ? 

Okky : Apakah itu jauh dari sini ? Saya tinggal di jalan Semeru no.97 

Aulia : Tidak, Sekitar 500 meter dari sekolah ini. kamu bisa mengunjungi                  rumahku kapanpun. 

Okky : Oh terimakasih, bagaimana kalau berkunjung ke rumahmu setelah               kelas ? Saya mempunyai DVD baru. Judulnya adalah Ada apa Dengan            Cinta 2 

Aulia : Mengapa tidak ? hobiku menonton film dan saya belum menonton ada           apa dengan cinta 2. Jadi, mari menonton film itu setelah kelas di                    rumahku 

Okky :. Ok, Aulia maaf saya harus kembali ke kelas. Sampai jumpa 

Aulia : sampai jumpa 



5. contoh cara memperkenalkan teman dalam bahasa inggris
Berikut ini adalah percakapan 3 orang cara memperkenalkan teman dalam bahasa inggris beserta artinya :
In a music concert 

Nadia : Hi Aries, How are you? 

Aries : I am fine nadia, how about you? 

Nadia : I am fine too. 

            Aries, please meet my friend, his name is Dave Aradea 

            Dave, this is Aries 

Aries : Happy to meet you, Dave 

Dave : happy to meet you too, Aries 

Nadia : Dave is a smart student. His favorite subject is math. His math exam             result always get 100.

Aries : Wow that’s amazing. Where do you go to school dave ?

Dave : SMAN 1 Bandung

Aries : Really ? SMAN 1 Bandung is the best senior high school in this city, all           of the students are smart and diligent students. I believe you are a               are smart and diligent students too

Dave : Oh thank you.

Nadia : Aries, sorry I and dave have got to go now. Our friends wait me                    outside

Dave : See you later Aries

Aries : See you later.


Di sebuah konser musik


Nadia : Hai aries bagaimana kabarmu? 

Aries : Saya baik-baik saja nadia, bagaimana dengan kamu? 

Nadia : Saya juga baik-baik saja. 
           Aries, perkenalkan teman saya. Namanya Dave Aradea 
           Dave, ini Aries 

Aries : Senang bertemu denganmu, dave 

Dave : Senang bertemu denganmu juga, Aries Nadia : Dave adalah murid             yang pandai. Pelajaran favoritnya adalah matematika. Hasil ulangan               matematikanya selalu mendapat 100

Aries : Wow itu menakjubkan. Dimanakah kamu pergi sekolah dave?

Dave : SMAN 1 Bandung

Aries : Sungguh ? SMAN 1 Bandung adalah sekolah terbaik di kota ini, semua          muridnya pandai dan rajin. Saya percaya kamu adalah murid yang                 rajin dan pandai juga.

Dave : Oh terima kasih 

Nadia : Aries, maaf saya dan dave harus pergi sekarang. Teman kami                      menunggu di luar.

Dave : sampai jumpa lagi aries

Aries : sampai jumpa lagi.

6. perkenalan keluarga dalam bahasa inggris
Berikut ini adalah Cara memperkenalkan keluarga dalam bahasa inggris di depan kelas  beserta artinya :

Good morning class. In this moment, I would like to introduce my family. I have a small but happy family. We live at Cikapundung street no.4 Bandung. I have a father, a mother and a sister. So, There are four members in my little family. 

First, my father’s name is Mulyono andreanto. He is a handsome man. He always tries to protect my family and works hard to make us happy. Her job is a finance manager in Pertamina. He was born on 1st May 1964 

then, I have a beautiful mother. Her name is adziza Wulandari. She is a housewife. She is the real teacher in my life. She always gives me advice to make my life better. Now she is 50 years old but she still looks beautiful like 30 years old 

The last member in my family is my sister. My sister’s name is Adella Putri. She is a student at SMAN 25 Bandung. She has a plan after graduates from SMAN 25 Bandung, she wants to continue her education at Padjadjaran university. 

Our family always have a vacation every weekend. Our favourite place to be visited is Lembang because we can breathe fresh air there and the scenery is very nice 

I think this family introduction is enough. Thank you 

Arti cara memperkenalkan keluarga dalam bahasa inggris di atas :

Selamat pagi. Pada momen ini, saya akan memperkenalkan keluarga saya. Saya mempunyai keluarga kecil tetapi bahagia. Kami tingal di jalan cikapundung no.4 Bandung. Saya mempunyai seorang ayah, seorang ibu dan seorang saudara perempuan. Jadi ada 4 anggota di keluarga kecil saya. 

Pertama, nama ayah saya adalah Mulyono andreanto. Beliau merupakan lelaki yang tampan. Beliau selalu mencoba untuk melindungi keluarga kami dan bekerja keras untuk membuat kami bahagia. Pekerjaannya adalah manager keuangan di pertamina. Beliau dilahirkan pada 1 mei 1960. 

Kemudian, saya mempunyai seorang ibu yang cantik. Namanya adalah adziza Wulandari. Beliau adalah seorang ibu rumah tangga. Beliau adalah guru sesungguhnya di hidupku. Beliau selalu memberi aku nasehat untuk membuat hidup saya lebih baik. Usianya sekarang 50 tahun tetapi beliau masih terlihat cantik seperti usia 30 tahun. 

Anggota yang terakhir di keluargaku adalah saudara perempuanku. Namanya adella putri. Dia pelajar di SMAN 25 bandung. Dia memiliki rencana setelah lulus dari SMAN 25 Bandung, dia ingin melanjutkan pendidikannya di universitas padjajaran. 

Keluarga kami selalu berlibur setiap akhir pekan. Tempat favorit untuk dikunjungi kami yaitu Lembang karena kita bisa menghirup udara segar di sana dan pemandangannya sangat bagus. 

Saya kira perkenalan keluarga ini cukup. Terimakasih

Nah, itulah pembahasan mengenai perkenalan dalam bahasa inggris. Contoh perkenalan dalam bahasa inggris diatas bisa digunakan dan diadaptasikan sesuai kebutuhan teman-teman. Semoga artikel tentang perkenalan dalam bahasa inggris dapat bermanfaat dan menjadikan anda lebih mahir dalam berbahasa inggris. Apabila ada kritik dan saran silahkan disampaikan.

Terima kasih


Tags :

  • memperkenalkan diri dalam bahasa inggris lengkap 
  • bahasa inggris perkenalan 
  • contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris di depan kelas 
  • contoh perkenalan diri bahasa inggris 
  • percakapan bahasa inggris perkenalan 
  • Perkenalan Bahasa inggris
  • Perkenalan dalam bahasa inggris
  • Perkenalan diri dalam bahasa inggris
  • Memperkenalkan diri dalam bahasa inggris
  • Memperkenalkan diri dengan bahasa inggris
  • Perkenalan dalam bahasa inggris dan artinya
  • Perkenalan dalam bahasa inggris dan terjemahnya
  • Teks Perkenalan dalam bahasa inggris










0 Response to " Perkenalan Dalam Bahasa Inggris Beserta Terjemahnya (6 Variasi Contoh) "

Posting Komentar